daisypath

Daisypath Happy Birthday tickers Lilypie Kids Birthday tickers

Jumat, 04 Januari 2013

Bubur Ketan Hitam


Sudah beberapa hari ini Palembang diguyur hujan...dari malam sampai pagi bener-bener enak buat tidur and ngemil karena bawaannya jadi laper teroos hahaha...., nah pagi-pagi kok tiba-tiba
kepengen makan bubur ketan item lagian kayaknya udah lamaaa banget gak bikin jajanan ini padahal ini salah satu kesukaan hubby.
Berhubung ga punya stock ketan hitam jadi ngabur sebentar ke pasar terdekat sekalian beli santan segar instead of santan kotak yg udh ada di lemari dapur. Sampe rumah langsung cuci beras ketannya,rendam sebentar sambil ditinggal mandi dulu (belom mandi tapi udah sampe pasar :p ).
Habis mandi ambil beberapa lembar daun pandan di kebun belakang trus ke dapur tirisin rendaman beras ketan trus berhubung mau ada acara jadi masak bubur nya pake slow cooker ajah biar bisa ditinggal-tinggal lagian sayang dari beli sampe sekarang baru dipake masak beberapa kali ajah :D....so here's the recepie

Bubur Ketan Hitam by slow cooker

bahan:
200 gr beras ketan hitam
air secukupnya untuk merendam
1500 ml air
150 gr gula pasir
200ml santan kental
4 lembar daun pandan
garam secukupnya

cara :

1.Cuci bersih beras ketan hitam dan rendam kurleb 2jam (kalo dimasak di panci biasa rendamnya lebih lama kira-kira 4 jam an ). Masukkan beras ketan hitam ke dalam pot slow cooker bersama 1500 ml air dan 2 lembar daun pandan yang sudah disimpulkan.
2.Set high dengan waktu 4jam boleh sesekali di aduk, 1 jam menjelang selesai tuangkan gula pasir kedalamnya sambil diaduk supaya merata. Hasilnya bubur ini kental,lembut tp butiran ketannya ga hancur banget,,,,enaks deh
3. Untuk topping santannya : masukkan santan kedalam saucepan, 2 lbr daun pandan tambahkan garam sesuai selera didihkan sambil diaduk supaya santan tidak pecah,jika sudah mendidih segera matikan api.

Untuk penyajiannya taruh bubur ketan hitam di dalam mangkuk tuangi santan kental diatasnya. 1 resep ini kira-kira bisa untuk 6 porsi sedang.

Selamat mencoba yah....






Tidak ada komentar:

Posting Komentar